26/11/2014

New Page in New Folder





"Hidup harus terus berjalan
Meski dalam keterbatasan
Meski berat tetaplah bertahan
Do'a-do'a selalu kami panjatkan"

at Alexandria Beach - Egypt
     Sepintas ada sebuah bait lagu yang tengah berada dalam fikiranku. Bait ini mengingatkanku bahwa aku hidup. Ya! Aku sedang menjalani kehidupan. Kehidupan yang entah hampa kurasakan saat ini. Berat. Sulit. Banyak permasalahan didepanku yang rasanya ingin aku musnahkan. Musnah, semusnah-musnahnya. Tapi, hati kecilku berkata, "Rid, ini kehidupan! Orang gak akan peduli siapa kamu, kalau kamu sendiri gak peduli dengan diri kamu! Care to yourself first!" 

     Hidup seperti suatu titik pada roda mobil yang terus berputar di jalan yang  panjang, hingga akhirnya roda itu berhenti di suatu tempat yang sang pengemudi kehendaki. Terkadang titik tersebut berada diatas, terkadang pula berada dibawah. Aku sadar bahwa aku adalah manusia biasa yang berlumur dosa. Aku makhluk lemah, bahkan sangat lemah. Serba terbatas. Dan sesungguhnya hidup ini memang berat. Tapi aku harus bertahan. Karena kehidupan yang kekal adalah di akhirat dan bukanlah di dunia yang fana ini.

     Hanya ada satu cara untuk mengubah ini semua. Aku harus mulai mengintropeksi diri sendiri, mengubah diri aku sebaik mungkin. Mengasah mental agar lebih kuat dan lebih pandai dalam menghadapi segala masalah yang ada. Adanya masalah untuk dihadapi dan diselesaikan. Bukan hanya untuk difikirkan dan ditunda terus-menerus. Justru masalah akan membuatku lebih dewasa dari sebelumnya. Dan tidak ada satupun masalah yang tidak bisa diselesaikan. Karena Allah telah berfirman didalam Al-Qur'an:
                                                           
                                                                     .... لاَ يُكَلِّفُ اللهُ نَفسًا إِلّاَ وُسْعَهَا

     Hati kecilku berkata lagi, "Ayo kawan! Kembali bangkit!". Bismillah. Satu kata itu begitu spesial. Satu kata yang bisa membangkitkan semangatku. Semangat jasmani maupun rohani. Dimulai dengan memperbaharui niat dan ikhlas hidup di dunia ini semata-mata mencari ridho Allah SWT. Aku akan mulai membuka lembaran baru di dokumen yang  baru pula, yaitu masa remajaku. Insya Allah...



0 comments:

Post a Comment